Senin, 16 Mei 2016

Mengenal Komposisi Dalam Fotografi

Pertama-tama mari kita pahami terlebih dahulu definisi umum komposisi. Istilah "komposisi" tidak hanya berlaku untuk seni visual, tetapi juga untuk musik, tari, sastra dan hampir semua jenis seni lainnya. Dalam konteks tertentu, seperti menulis, istilah komposisi mungkin tidak banyak digunakan, tetapi hanya saja tetap diberlakukan. Secara umum, istilah "komposisi" memiliki dua karakter terkait maknanya.

Pertama dan yang terpenting, "komposisi" menggambarkan penempatan objek relatif dan elemen dalam sebuah karya seni. Hasilnya komposisi menjadi aspek kunci dari sebuah karya seni yang baik.

Seorang seniman harus bisa memberikan komposisi yang baik pada karyanya demi menarik banyak perhatian. Sedangkan sebuah komposisi yang baik itu, salah satunya harus memiliki rinci yang cukup. Terlalu sedikit elemen bisa saja mengurangi detail sebuah karya seni. Begitupula sebaliknya, terlalu banyak elemen bisa sangat mengganggu juga.

Komposisi yang baik membutuhkan keseimbangan yang baik. Dan cara terbaik untuk memastikan semua elemen yang dibutuhkan dapat hadir dalam karya Anda yaitu dengan terlebih dahulu menghadirkan ide atau cerita yang ingin Anda sampaikan lewat karya seni Anda. Dan jika itu sudah terlaksana maka selanjutnya Anda akan tahu elemen-elemen apa dan yang mana saja yang Anda butuhkan untuk membentuk sebuah komposisi yang baik untuk karya Anda.
Dalam beberapa kasus, komposisi dapat berarti karya seni itu sendiri dan merupakan sinonim untuk istilah tersebut. Misalnya, ketika berbicara tentang musik, maka yang termasuk bagian dari komposisinya adalah instrumen-instrumen yang digunakan untuk menciptakan musik tersebut. Dan instrumen itulah yang menjadi elemennya. Misalkan: instrumen piano dimainkan di awal lagu dengan durasi sekian, sedangkan instrumen gitar dimainkan sebanyak 2x yaitu ditengah dan akhir lagu. Dan instrumen tersebutlah yang berperan menjadikan musik itu terdengar enak ditelinga. Begitupula dengan fotografi.


Apa Itu Komposisi Dalam Fotografi?

Setelah mengetahui definisi umum istilah "komposisi" di atas, seharusnya Anda tidak terlalu sulit untuk mencari tahu maknanya dalam seni fotografi. Sederhananya bahwa menciptakan sebuah komposisi dalam fotografi bisa diartikan dengan memilih objek, mengatur dan menyusun subjek yang diperlukan untuk menyampaikan kesan visual atau cerita dari gambar yang Anda ciptakan. Sedangkan subjek dan objek itulah yang menjadi elemen dalam komposisi sebuah gambar atau foto.

Elemen dari sebuah komposisi foto dalam fotografi tidak harus berupa subjek benda melainkan bisa juga elemen warna, atau air maupun langit (awan, bintang, bulan, matahari) atau bahkan makhluk hidup.

Komposisi dalam fotografi ada yang terbentuk dengan sendirinya atau bisa Anda ciptakan dengan sengaja sesuai konsep Anda. Sedangkan komposisi yang terbentuk dengan sendirinya terkadang masih perlu ditambah beberapa elemen lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar