Senin, 16 Mei 2016

Belajar Memotret Sunrise Dan Sunset

Ada momen yang berlangsung sebentar saja, momen yang harus Anda kejar bahkan menunggunya, momen yang terjadi dua kali sehari, ia adalah momen ketika matahari akan terbit dan terbenam.


Memotret sunrise / sunset sekilas memang terlihat mudah. Tapi jika ada cara lain yang bisa memaksimalkan hasil foto Anda mengapa tidak dicoba?

Artikel saya kali ini hanya ingin berbagi petunjuk dasar untuk cara memotret sunrise / sunset. Okey, saya akan memulai dari persiapan yang dibutuhkan untuk memotret sunrise / sunset. Silahkan duduk manis dan simak baik-baik.

1. Menentukan lokasi pemotretan

Pemotretan yang dikerjakan dengan konsep dan perencanaan tentunya jauh lebih baik. Cobalah Anda berkeliling mencari objek seperti pantai, bukit atau pegunungan, dan perhatikan juga sekeliling objek. Berpikirlah untuk persiapan Anda nantinya seperti menentukan arah dan posisi untuk mengambil gambar sunset / sunrise.

2. Memilih waktu pemotretan 

Anda tidak sedang mengambil gambar seorang model tapi akan memotret momen yang terjadi dalam waktu singkat. Ingat! sangat singkat. Maka tentukan waktu pemotretan seperti pada pukul berapa Anda harus tiba di lokasi untuk mempersiapkan segalanya. Sunset dan sunrise berlangsung sangat cepat, jadi jangan terlambat dan kedatangan Anda malah jadi sia-sia.

3. Alat yang dibutuhkan


Gunakan lensa wide (lebar) yaitu lensa yang memiliki rentang focal pendek yang memang lebih dikhususkan untuk memotret pemdandangan. Namun jika Anda tidak memiliki lensa seperti itu maka gunakan saja lensa standar (kit 18-55mm) atau lensa apa saja yang Anda miliki. Selain lensa, siapkan juga sebuah tripod yang kokoh untuk berjaga-jaga bila situasi alam saat memotret cocok untuk Anda terapkan teknik bulb. Selain itu tripod juga berguna untuk menghasilkan gambar yang stabil (tanpa hand shake / blur) apalagi jika lensa Anda tidak memiliki fitur anti getar (IS, VC, atau IC)

Setelah melakukan persiapan, selanjutnya Anda perlu mengetahui beberapa settingan kamera yang diperlukan untuk menghasilkan foto sunrise / sunset.

1. Dirikan tripod (jika ada) dan pasang kamera Anda, kemudian nyalakan kamera dan putar tombol mode-dial ke simbol "M" untuk masuk ke mode pemotretan manual exposure.

2. Persempit aperture / diafragma dan gunakan nilai f/8 untuk memperluas ruang ketajaman pada objek dan sekaligus mencegah vignette.

3. Untuk shutter speed gunakan saja dulu nilai aman, apalagi jika Anda tidak menggunakan tripod. Rekomendasi saya gunakan nilai minimal 1/200s atau lebih tinggi dari itu.

4. Untuk ISO gunakan saja dulu nilai paling rendah yaitu ISO 100.

5. Selanjutnya ubah White Balance (WB) kamera Anda ke pilihan cloudy (mendung), shade, ataudaylight. Anda bisa memilih salah satunya.

6. Karena ini memotret pemandangan saat sunrise / sunset maka sebaiknya gunakan fokusinfinity (jika lensa Anda mendukung) untuk memfokuskan objek jarak jauh. Tapi jika lensa Anda tidak memiliki fokus infinity maka ini akan sedikit sulit dan Anda harus mengira-ngira saat mengunci fokus pada objek.

Setelah merubah settingan kamera sesuai petunjuk di atas, selanjutnya silahkan Anda mulai memotret dengan mengambil beberapa gambar sunrise / sunset. 



Cara Mengatasi Kemungkinan Foto Gagal


1. Jika hasil foto terlalu gelap (under exposed) maka solusinya cukup dengan menaikkan nilai ISO 1 atau 2 stop yaitu 200, 400 atau lebih tinggi sampai mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Namun hati-hati menggunakan ISO tinggi karena bisa menimbulkan "noise" (bintik-bintik) pada hasil foto Anda (umumnya max ISO 800). Bila Anda menggunakan tripod maka solusinya cukup menurunkan nilai shutter speed dari nilai yang saya rekomendasikan di atas dan biarkan nilai ISO pada nilai 100.

2. Jika hasilnya terlalu terang (over exposed) maka solusinya cukup menaikkan lagi nilai shutter speed dari nilai yang saya rekomendasikan di atas.

Terkait dengan artikel ini, ada salah satu artikel saya lainnya tentang tips membentuk distorsi perspektif pada foto landscape yang bisa Anda terapkan bersama-sama ketika memotret sunrise maupun sunset.

1 komentar: