Selasa, 10 Mei 2016

Cabang Fotografi

Mempelajari dan Mempraktekkan sebuah karya kedalam sebuah kamera dan mengetahui obyek mana saja yang akan diambil dan didokumentasikan.Ada berbagai cabang fotografi, meliputi ;
1. Fotografi Bentang Alam (Nature / Landscape)
Dalam fotografi bentang alam obyek yang di foto adalah biasanya merupakan bentang alam, yang memiliki keindahan tersendiri atau digunakan untuk menjelaskan keadaan profil alam pada suatu daerah, dalam dunia industri foto landscape juga digunakan untuk dokumentasi pembangunan profil area (landscape) dan laporan penelitian, biasanya fotografer bentang alam memiliki kemampuan dan hobi travelling dan menjelajah alam.
Landscape Photography


2. Fotografi Satwa dan Flora
Fotografi ini memiliki obyek khusus satwa dan flora, dan menurut saya merupakan object yang sulit  dan terkadang menantang bahaya anda bisa bayangkan anda memotret komodo atau buaya dalam komunitasnya, fotografi satwa biasanya digunakan untuk menggali keindahan satwa dan flora dan juga mengklasifikasi  satwa dan flora
3. Fotografi Dokumentasi

Fotografi ini untuk mendokumentasikan suatau event atau peristiwa, biasanya setidaknya pada jaman dahulu fotografi ini tidak di tuntut dalam keindahan foto komposisi warna ataupun seni, tapi hanaya untuk melengkapi dan lebih menjelaskan suatu berita acara, akan tetapi dalam perkembangan fotografi modern fotografi dokumentasi, komposisi gambar dan sentuhan seni sudah menjadi tuntutan, dan dikarenakan pada event modern time linenya pendek maka fotografer dituntut untuk tidak ketinggalan moment moment penting dalam acara tersebut.


4. Fotografi Jurnalistik

Foto jurnalistik adalah foto yang merekam suatu berita, dan menjelaskan suatu keadaan dan peristiwa yang biasanya besar, kekuatan foto berasal dari kemapuan foto dalam menjelaskan suatu peristiwa biasanya foto jenis ini digunakan sebagai penunjang berita teks di mediai koran atau majalah.

5. Fotografi Seni (Fine Art)

Fotografi seni adalah aktivitas fotografi yang menghasilkan karya-karya foto yang penuh dengan nilai-nilai estetika seni atau art. Karya fotografi seni itu sekarang populer dengan sebutan foto seni (fine art). Pada awalnya, karya-karya fotografi lebih difokuskan pada kepentingan pendokumentasian suatu peristiwa. Tapi kemudian, seiring dengan perjalanan dan perkembangan teknologi fotografi, karya fotografi ‘mengembangkan diri’ lebih luas lagi ke arah karya seni. Sehingga kemudian, banyak para pekerja fotografi yang menjadikan fotografi sebagai media ‘eksperimen seni’. Fotografi seni dewasa ini memiliki tempat yang menonjol dalam dunia fotografi. Bahkan kini karya fotografi seni memiliki kekuatan yang sama dengan karya-karya seni lainnya, semisal karya senirupa atau karya lukis.
Fine Art Photography


6. Fotografi Udara (Aerial)
Fotografi udara merujuk kepada mengambil gambar di tanah dari kedudukan tinggi. Istilah ini biasanya merujuk kepada gambar di mana kamera tidak disokong oleh struktur yang berada di tanah. Kamera mungkin dipegang tangan atau dilekatkan, dan gambar perlu diambil oleh juru kamera, triggereddicetus dari jauh atau secara automatik. Pelantar bagi fotografi udara termasuk kapal terbang, helikopter, belon udara panas, blimp dan dirigible, roket, layang-layang, galah, payung terjun, galah pada kenderaan. Fotografi udara tidak sepatutnya dikelirukan dengan fotografi udara ke udara, bilamana kapal terbang merupakan pelantar foto dan juga subjek gambar.


7. Fotografi Komersial
Fotografi Komersial merupakan foto yang mempunyai nilai jual dan fotografi yang dibuat berdasarkan tujuan komersil seperti iklan produk, poster, dan lain lain. Yah tentunya kita akan mendapatkan bayaran dari perusahaan yang menyewa kita. Dalam fotografi komersial biasanya kita akan dibantu oleh pengarah style dari perusahaan, nah sedangkan biasanya tidak semua pengarah style paham dengan fotografi, maka kita sebagai fotografer juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan pengarah style agar mencapai konsep yang dimaksud dengan baik dan sesuai dengan keinginan yang dituju.
Fotografi Komersial biasanya meliputi : Fashion dan Glamour, Still LIfe, dan Food.
8. Fotografi Fashion

Fotografi Fashion adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri di mana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris.

2 komentar: